You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Rupe
Desa Rupe

Kec. Langgudu, Kab. Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat

Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Desa Rupe Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat Website ini mengunakan Aplikasi OpenSID, dirancang dan dikelola supaya terbuka bagi masyarakat dan pemangku kebijakan #SahabatDesa, disini anda bisa mengakses informasi tentang Penyelenggaraan Kepemerintahan, Pembangunan Kawasan Pedesaan, Pemberdayaan dan Pembinaan Kemasyarakatan Untuk Informasi Pengajuan Publik, silahkan klik menu e-PPID atau Layanan Mandiri. Informasi lebih lanjut Hubungi Operator Desa Jam Pelayanan Senin s.d Jum'at Pukul 08.00 - 15.30 wita. Alamat Kantor, Jl. Lintas Provinsi Tente – Karumbu. Hari Libur : TUTUP Informasi lainnya, dapat juga diakses melalui Halaman Facebook Pemerintah Desa Rupe. Terus Update dan ikuti Perkembangan informasinya. Terimakasih, Salam Berdesa!!!

Penguatan Operator SID di Kecamatan Langgudu Tahun 2022

Administrator 30 Agustus 2022 Dibaca 292 Kali
Penguatan Operator SID di Kecamatan Langgudu Tahun 2022

Bima, Rupe.id - Dalam rangka mendorong dan membantu Pemerintah Desa mengembangkan dan memanfaatkan Teknologi Informasi Berbasis Sistem Informasi Desa, Pegiat FORSID Langgudu Bersama Dinas PMD, Dinas Kominfotik Kab.Bima dan Pemerintah Kecamatan Langgudu melaksanakan Kegiatan Penguatan Keterampilan bagi Operator SID se-Kecamatan Langgudu.

Bertempat di Aula Kantor Desa Rupe Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari, mulai hari Selasa-Rabu, Tanggal 30 s.d 31 Agustus 2022.

Bertemakan : Peran Pegiat FORSID Langgudu Bima dalam mendorong Pengembangan Sistem Informasi Desa di Kecamatan Langgudu sebagai Media Promosi Potensi Desa & Publikasi Kegiatan-Kegiatan Pembangunan Desa, dimana Kegiatan ini dibuka secara Resmi oleh Camat Langgudu yang diwakili Oleh Sekcam Langgudu.

Dalam Sambutannya Sekcam Langgudu, Marwin H.Arsyad, S.Pd mengapresiasi FORSID Langgudu yang terus memberikan Pelatihan & penguatan teknis bagi Operator SID di Kecamatan Langgudu.

Menurutnya, Penguatan Tenaga Operator SID ini amat penting, mengingat masih terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh Pemerintah Desa di Kecamatan Langgudu, seperti persoalan ketersediaan Tower jaringan internet di Desa Kalodu. Begitupun masalah lemahnya sinyal untuk akses jaringan internet yang dialami oleh Desa Pusu, Laju, Kawuwu, Karampi, Saraeruma, Doro O'o, Dumu, Kangga, dan Waduruka.

Untuk itu kata Sekcam Langgudu, adanya kegiatan ini sekaligus menjadi bahan identifikasi kendala dan masalah yang dihadapi oleh Operator Desa dalam Pengelolaan SID. Selain persoalan Jaringan Internet, Penguatan Mutu SDM bagi Operator merupakan hal yang tidak terpisahkan dalam proses mengembangkan Sistem Informasi Desa di tingkat Desa. 

"Kami berharap Pemerintah Kabupaten Bima dapat memperhatikan beberapa Desa yang masih kesulitan dalam hal akses jaringan internet, sehingga menjadi faktor kendala terhadap proses pengembangan Sistem Informasi Desa di Kecamatan Langgudu"ucap Sekcam Langgudu.

Sementara itu, dalam materinya Kabid Pemdes Dinas PMD Kab.Bima, Safriatna, ACH yang didampingi Kasi Pemdes, ST.Marjan,S.E selaku Narasumber menjelaskan tahapan tentang pentingnya pengembangan Sistem informasi Desa di tingkat Desa.

Hal ini, menurutnya sesuai arah kebijakan Pemerintah Kabupaten Bima yang dituangkan dalam Perbup Nomor 17 Tahun 2021 tentang Pedoman Pengembangan Sistem Informasi Desa di Kabupaten Bima serta instruksi Gubernur NTB Nomor : 047/09/KUM tahun 2021 tentang Implementasi Sistem Informasi Desa sebagai Basis Perencanaan Pembangunan Daerah.

"SID ini telah ada sejak tahun 2010. Saat ini, di tahun 2022 pekerjaan Pemerintah Desa semuanya sudah serba menggunakan aplikasi informasi teknologi. Untuk itu, jika kita mau menyusun perencanaan pembangunan Desa, kita harus punya basis data yang valid dan akurat. Dan inilah pentingnya kita mengelola dan mengembangkan sistem informasi desa, sebagai pusat data ditingkat desa."terang Kabid Pemdes Dinas PMD Kab.Bima.

Tahapan pengembangan Sistem Informasi Desa ini harus terus dilaksanakan secara berjenjang dan berkelanjutan guna mempermudah dan meningkatkan pelayanan kita"ucapnya.

Sementara itu, ST.Marjan,SE selaku Kasi Pemdes Dinas PMD Kabupaten Bima juga menegaskan bahwa peran dan dukungan Pemerintah desa terhadap penguatan pengelolaan SID, amatlah penting.

"saya akan pastikan saat review APBDes tahun Anggaran 2023, apakah Pemdes sudah mmengalokasikan Dukungan anggaran SID di APBDes atau tidak. Untuk itu bagi bapak/ibu Operator SID tunjukan kinerja yang baik dalam menjalankan tugas. Insyallah, masalah honor dan lain sebagainya akan tetap diprioritaskan" tutur ST.Marjan,S.E

Hadir dalam kegiatan ini, Kepala-Kepala Desa yang baru diantaranya Kepala Desa Karumbu, Suherman,S.H. Kepala Desa Kalodu, Ishak Rumadi,S.Pd, Pendamping Desa Kecamatan, Amiruddin,S.Sos dan para Operator SID di Kecamatan Langgudu diantaranya yang Hadir Operator SID Rupe selaku Tutor, Operator Karumbu, Waworada, Doro O'o, Rompo, Kalodu, Kawuwu dan Karampi.

Adapun Modul dan Materi Penguatan Operator SID Tahun 2022 yakni: Update Aplikasi OpenSID versi terbaru 22.08. Teknik Penulisan Artikel Berita Desa di Website Desa. Teknik Import dan Publikasi Kegiatan Pembangunan Desa dan Penyusunan Rencana Kerja Tindak Lanjut pasca pelatihan.(red)

Redaktor/Editor : Kamaruddin,S.Pd

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image