You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Rupe
Desa Rupe

Kec. Langgudu, Kab. Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat

Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Desa Rupe Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat Website ini mengunakan Aplikasi OpenSID, dirancang dan dikelola supaya terbuka bagi masyarakat dan pemangku kebijakan #SahabatDesa, disini anda bisa mengakses informasi tentang Penyelenggaraan Kepemerintahan, Pembangunan Kawasan Pedesaan, Pemberdayaan dan Pembinaan Kemasyarakatan Untuk Informasi Pengajuan Publik, silahkan klik menu e-PPID atau Layanan Mandiri. Informasi lebih lanjut Hubungi Operator Desa Jam Pelayanan Senin s.d Jum'at Pukul 08.00 - 15.30 wita. Alamat Kantor, Jl. Lintas Provinsi Tente – Karumbu. Hari Libur : TUTUP Informasi lainnya, dapat juga diakses melalui Halaman Facebook Pemerintah Desa Rupe. Terus Update dan ikuti Perkembangan informasinya. Terimakasih, Salam Berdesa!!!

Pelatihan Peningkatan Kapasitas Operator SID se-Kecamatan Langgudu Tahun 2017

Administrator 27 September 2017 Dibaca 562 Kali
Pelatihan Peningkatan Kapasitas Operator SID se-Kecamatan Langgudu Tahun 2017

Pelatihan Peningkatan Kapasitas Operator SID se-Kecamatan Langgudu Tahun 2017

Bima, Rupe.id- Dalam rangka meningkatkan kapasitas dan pemahaman Operator Sistem Informasi Desa (SID) se-Kabupaten Bima, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa melalui Bidang Pemerintahan Desa bersama KOMPAK Bima, menyelenggarakan Pelatihan Operator SID di Tingkat Kecamatan Langgudu tahun 2017, Selasa (27/11/2017)


Pelatihan yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Langgudu ini, di hadiri oleh Sekcam Langgudu Abubakar, SH, Pihak DPMDES yang diwakili oleh Kabid Pemerintahan Desa, El-Faisal,Sei,MM dan Tim Fasilitator sekaligus Tutor dari Desa Binaan KOMPAK yakni Irfan,S.Pd; Ella Fitria Permatasari,S.Pd dan Nurhayati serta seluruh Operator SID se-Kecamatan Langgudu.

Dalam laporannya, Kamaruddin, S.Pd selaku Ketua Tim Pelaksana menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan operator SID tingkat Kecamatan Langgudu diikuti oleh 10 Desa dari 15 Desa yang ada di Kecamatan Langgudu yakni Operator Desa Rupe, Karumbu, Rompo, Waworada, Doro O'o, Dumu, Kangga, Kalodu, Sarae Ruma dan Kawuwu. Sementara itu sumber anggarannya dibebankan kepada masing-masing desa yang dialokasikan melalui APBDes Tahun anggaran 2017.

"Kami atas nama tim pelaksana di tingkat Kecamatan, telah mendistribusikan undangan tentang adanya percepatan pelatihan Operator SID dimasing - masing desa sesuai surat DPMD Nomor : 414.24/4O4/06.16/2Ol7 tanggal 9 November 2017, Perihal: Pelatihan Sistem Informasi Desa dan hasil pertemuan seluruh Operator SID tanggal 14 November 2017 di Aula DPMD tentang percepatan Implementasi pelatihan Operator SID se-Kabupaten Bima, total peserta 10 desa dari 15 Desa. Sumber anggarannya dari masing-masing desa yang dialokasikan melalui APBDes TA 2017 maupun swadaya desa masing-masing sebesar 1jt" Ujarnya.
 
Sementara itu, dalam materinya El-Faisal,SEi,MM selaku Narasumber menjelaskan bahwa terbentuknya Sistem Informasi Desa berdasarkan Amanat UU 6/2014 tentang Desa Pasal 86 dan UU Keterbukaan Informasi Publik, maka dipandang perlu untuk melaksanakan pelatihan operator SID, sehingga memiliki pemahaman dan keterampilan dalam mengelola aplikasi SID dalam membantu tata kelola keadministrasian dan data kependudukan Desa.

"Melalui Aplikasi sistem informasi desa, Pemerintah Desa akan lebih mudah menyimpan, mengelolah dan menyajikan data secara lengkap dan akurat, serta meningkatkan kualitas pelayanan administrasi desa yang cepat dan mudah" papar El-Faisal,SEi,MM.

El-Faisal,SEi,MM juga menambahkan "adanya aplikasi sistem informasi desa, Pemerintah Desa didorong agar memiliki tatakelola yang rapi, modern dan berorientasi pada pelayanan publik yang lebih baik; Desa dibantu untuk mempercepat dan mempermudah dalam pelayanan administrasi untuk masyarakat; Desa didorong untuk melaksanakan proses perencanaan yang berbasis data agar lebih tepat menyentuh kebutuhan masyarakat; Pemerintah desa didorong untuk memanfaatkan teknologi informasi untuk mempromosikan potensi desa, publikasi kegiatan desa, dan usaha ekonomi produktif masyarakat desa" tambahnya.
Pelatihan yang berlangsung 2 hari ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan pemahaman Operator SID dalam mengembangkan Layanan Keadministrasian Desa berbasis sistem Informasi Desa.  (red/SID) 

Redaktor/Editor : Kamaruddin, S.Pd

Baca juga : Lokakarya Rplikasi SID Hasilkan Sejumlah Rekomendasi/


Baca juga : Tim-pembina-kecamatan-memeriksa-hasil-kegiatan-pembangunan-desa-rupe-tahun-anggaran-2019/


 

SINERGITAS


KEMBALI MENU UTAMA

 
Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image