Hal ini disampaikan oleh Pemerintah Desa Rupe melalui Operator Sistem Informasi Desa Kamaruddin, S.Pd bahwa adanya Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) kini Pemerintah Desa memiliki peran yang sangat strategis dalam meningkatkan mutu pelayanan terhadap masyarakat. Misalnya dalam hal Peningkatan Layanan Administrasi Surat-Menyurat.

Foto : Warga kini lebih cepat mendapat layanan surat menyurat dengan aplikasi SID

Kamaruddin,S.Pd menyebutkan bahwa melalui Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) layanan surat-menyurat warga kini lebih cepat dan mudah. Sebab di dalam aplikasi SID tersedia Standarisasi Format Surat-Menyurat yang Baku yang dibutuhkan Pemerintah Desa ditambah adanya basis data Kependudukan sehingga mempermudah pelayanan bagi masyarakat.

"Aplikasi SID dapat digunakan pada mode offline maupun online. sekarang Warga yang meminta layanan surat menyurat, sudah cepat, tinggal klik NIK Warga yang bersangkutan, maka biodata elektroniknya akan muncul secara otomatis, tinggal pilih surat apa yang dibutuhkan warga dan print-out" ucapnya.


Dengan adanya Aplikasi SID tersebut, menurutnya kini Layanan Kantor Desa lebih efisien dan efektif, sebab basis data sudah terinput.

“Contoh sederhana, kini warga bisa memperoleh surat keterangan yang mereka butuhkan secara lebih cepat dan dengan database yang lebih valid dan akurat. adapun sumber databasenya adalah dari Kartu Kelurga warga yang diinput kedalam Aplikasi SID” urai Kamaruddin lebih lanjut.

Foto : Penggunaan Aplikasi SID Berbasis Data Base
Foto : Contoh Tampilan Aplikasi SID dan Data Kependudukan berbasis Elektronik 

Melihat sangat strategisnya Aplikasi SID, Pemerintah Desa Rupe Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima mengupayakan optimalisasi Pengembangan dan Pemanfaatan Aplikasi SID melalui proses penginputan dan pemutahiran data penduduk sebagai sumber database awal yang akan dimutahirkan secara berkala dan berkelanjutan, sehingga Pemerintah Desa benar-benar memiliki basedata yang valid dan terupdate.

Selain itu, ketersediaan perangkat keras dan perangkat lunak, jaringan, Anggaran dan didukung oleh SDM yang berkompeten menjadi pra-syarat Pemanfataan SID yang terintegrasi untuk pembangunan desa berbasis data yang valid dan terupdate.

"Adapun manfaat lain dari Aplikasi SID adalah Pelayanan Kantor desa lebih efisien dan efektif, Pemerintah desa lebih transparan, akuntabel, Layanan publik lebih baik, Warga mendapatkan akses informasi tentang desa serta dapat berpartisipasi lebih aktif dalam pembangunan desa" Tutup Kamaruddin selaku Operator SID.(red/SID)


Redaktor/Editor : Kamaruddin, S.Pd

BERSAMA MEMBANGUN BIMA RAMAH BERKELANJUTAN

              Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE          Wakil Bupati Bima, Drs. H. Dahlan, H.M.Noer, M.Pd



Berita Populer : Desa Rupe Raih Penganugerahan Terbaik 1 Pada Gebyar DBiP 2019 NTB


“Mari Beramal Jariyah, Harta Berkah Sedekah Jariyah. Pahala Ngalir Hingga Yaumul Qiyamah”


SINERGITAS


KABAR HARIAN DESA RUPE

@2019 SID e-PPID Rupe, Langgudu, Bima, NTB Republik Indonesia, All Rights Reserved.