You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Rupe
Desa Rupe

Kec. Langgudu, Kab. Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat

Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Desa Rupe Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat Website ini mengunakan Aplikasi OpenSID, dirancang dan dikelola supaya terbuka bagi masyarakat dan pemangku kebijakan #SahabatDesa, disini anda bisa mengakses informasi tentang Penyelenggaraan Kepemerintahan, Pembangunan Kawasan Pedesaan, Pemberdayaan dan Pembinaan Kemasyarakatan Untuk Informasi Pengajuan Publik, silahkan klik menu e-PPID atau Layanan Mandiri. Informasi lebih lanjut Hubungi Operator Desa Jam Pelayanan Senin s.d Jum'at Pukul 08.00 - 15.30 wita. Alamat Kantor, Jl. Lintas Provinsi Tente – Karumbu. Hari Libur : TUTUP Informasi lainnya, dapat juga diakses melalui Halaman Facebook Pemerintah Desa Rupe. Terus Update dan ikuti Perkembangan informasinya. Terimakasih, Salam Berdesa!!!

BPD Desa Rupe Laksanakan Musdes RKPDes Tahun Anggaran 2023

Administrator 30 Juni 2022 Dibaca 428 Kali
BPD Desa Rupe Laksanakan Musdes RKPDes Tahun Anggaran 2023

Bima, Rupe.id - Badan Permusyawaratan Desa bersama Pemerintah Desa Rupe Laksanakan Musdes RKPDes Tahun Anggaran 2023, pada Kamis Pagi (30/6)

Bertempat di ruang rapat Kantor Desa, dalam penjelasannya Mabrur,S.Pd selaku Ketua BPD memaparkan bahwa berpedoman pada Peraturan Menteri Desa Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pedoman Umum Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, sehingga rancangan RKPDes merupakan kegiatan rutinitas tahunan.

"Hasil Rapat RKPDes ini merupakan dokumen yang rutin disusun oleh Pemerintah Desa dan jadikan rujukan dalam menyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa atau (RKPDes)  tahun anggaran 2023" ungkap Ketua BPD

Dijelaskan juga bahwa dalam Peraturan Menteri Desa, PDTT Nomor 21 Tahun 2020 pada Pasal 22 ayat (4) bahwa RKPDes yang telah disusun ditetapkan dengan Peraturan Desa dan disepakati/disetujui bersama BPD" tambah Ketua BPD

Sementara itu, Adam Malik selaku Kepala Desa Rupe dalam penjelasannya bahwa di Tahun 2023, Kegiatan Desa akan difokuskan pada Bidang Pembangunan.

"Oleh sebab itu, hal yang perlu saya sampaikan pada kesempatan ini, berkaitan Bidang Pembangunan, terutama pembangunan plat deker dan rabat gang. Adapun yang sudah terrealisasi di Tahun 2021 diantaranya, Pembangunan Plat Deker di RT.1, RT.8, RT.10 dan RT.20. Selanjutnya Rabat gang di RT.8, Pengerasan Jalan di RT.1 dan RT.20, Pembangunan papan nama Kantor dan BPD, Belanja Masjid Al-Ihsan dan Gedung Kantor Desa" ungkap Kades Rupe.

Lebih lanjut,  secara teknis Camat Langgudu, H.Abdul Wahab,S.H menambahkan  tentang tahapan dalam penyusunan RKPDes, mulai dari : Pembentukan Tim Penyusun RKPDes, Pembiayaan Pembangunan Desa, Pencermatan Ulang RPJMDes, Penyusunan Rancangan RKPDes dan  pengesahan Daftar Usulan Prioritas RKPDes.

"Untuk itu, pada kesempatan ini, saya atas nama Camat Langgudu selaku Perpanjangan Kinerja Bupati Bima, perlu menyampaikan terkait program Pemerintah Kabupaten Bima, sehingga perlu ditindak-lanjuti oleh Pemerintah Desa diantaranya Kegiatan STQ, Kegiatan Stunting dan Kegiatan Pemberantasan Penyakit anjing gila atau Rabies"ucap Camat Langgudu.

Rapat yang dipandu langsung oleh Rasyidin,S.Pi selaku Sekretaris BPD dan dipimpin langsung oleh Ketua BPD ini, dihadiri oleh Kepala Desa beserta perangkatnya, Kepala-Kepala Dusun, Ketua RT, Ketua Pembangunan Masjid Al-Ihsan, Ketua MDI, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama, Tokoh Pendidikan, Kader Posyandu, Bidan Desa, Perwakilan Perempuan dan Pengelola PAUD di Desa.

Hadir pula, Pendamping Desa (PD) Amiruddin,S.Sos ,Pendamping Lokal Desa (PLD), Muhdar,S.Sos serta Serma Abdullah Babinsa Desa Rupe.

Rapat yang dimulai pukul 09.00 wita ini ditutup dengan menetapkan sejumlah Daftar Usulan peserta Forum untuk kemudian disahkan sebagai Daftar Usulan Prioritas Penyusunan RKPDes Tahun Anggaran 2023.(red/SID)

Redaktor/Editor : Kamaruddin,S.Pd

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image