You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Rupe
Desa Rupe

Kec. Langgudu, Kab. Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat

Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Desa Rupe Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat Website ini mengunakan Aplikasi OpenSID, dirancang dan dikelola supaya terbuka bagi masyarakat dan pemangku kebijakan #SahabatDesa, disini anda bisa mengakses informasi tentang Penyelenggaraan Kepemerintahan, Pembangunan Kawasan Pedesaan, Pemberdayaan dan Pembinaan Kemasyarakatan Untuk Informasi Pengajuan Publik, silahkan klik menu e-PPID atau Layanan Mandiri. Informasi lebih lanjut Hubungi Operator Desa Jam Pelayanan Senin s.d Jum'at Pukul 08.00 - 15.30 wita. Alamat Kantor, Jl. Lintas Provinsi Tente – Karumbu. Hari Libur : TUTUP Informasi lainnya, dapat juga diakses melalui Halaman Facebook Pemerintah Desa Rupe. Terus Update dan ikuti Perkembangan informasinya. Terimakasih, Salam Berdesa!!!

Pelatihan Operator SID se-Kecamatan Langgudu, versi Aplikasi 21.08

Administrator 02 September 2021 Dibaca 590 Kali
Pelatihan Operator SID se-Kecamatan Langgudu, versi Aplikasi 21.08

Bima, Rupe.id - Pemerintah Kecamatan Langgudu melalui Forum Komunikasi dan koordinasi Operator SID (FORSID) Wilayah Langgudu Kabupaten Bima melaksanakan Pelatihan Operator Sistem Informasi Desa Tingkat Kecamatan Langgudu, dengan Modul Pemahaman dan Penguatan Aplikasi SID versi 21.08.

Bertempat di Aula Kantor Camat Langgudu Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari,  mulai hari Senin-Selasa, Tanggal 30 s.d 31 Agustus 2021.

Dalam Sambutannya Camat Langgudu, Syamsuddin,S.Sos mengapresiasi Tim FORSID Langgudu yang telah menginisiasi adanya Pelatihan bagi para Operator Desa secara sukarela dan mandiri.

Menurutnya, Pelatihan ini amat penting, mengingat masih banyak operator dan perangkat desa yang gagap teknologi. 

Untuk itu kata Camat, sebagai upaya meningkatkan pemahaman dan Keterampilan Operator di Desa, kegiatan Pelatihan merupakan kegiatan yang harus dilaksanakan secara berjenjang  dalam rangka mempercepat peningkatan mutu pelayanan baik di desa, kecamatan maupun daerah.

"Untuk itu, saya berharap kepada kepala-kepala, sekdes, kasiPem yang hadir hari ini, agar benar-benar memastikan dukungan anggaran terhadap kegiatan ini. Tujuannya adalah sebagai upaya meningkatkan mutu para operator SID kita di Desa, sehingga harapannya pelayanan kita lebih cepat dan mudah. Apalagi saat ini, tantangan perkembangan teknologi begitu sangat cepat, sehingga kita dituntut harus memiliki SDM yang cakap dan terampil dalam mengoperasikan komputer sesuai perkembangan dunia teknologi informasi" ucapnya.

Sementara, itu Kepala Bidang Pemanfataan Data dan Inovasi Dinas dukcapil Kab.Bima, Puspa Neng Ningrat, S.E dalam materinya tentang Pelayanan Cedok Gadis Desa (cetak dokumen kependudukan gratis di desa) berharap agar Pemerintah Desa bersama dinas Dukcapil dapat bekerjasama dalam memastikan proses pemutahiran data kependudukan dalam mempermudah pelayanan adminduk bagi warga seperti permohonan kk, akta kelahiran, akta kematian dan keterangan pindah.

"Melalui layanan Cedok Gadis Desa ini,  Permohonan adminduk, kini dapat dilayani di desa, kecuali layanan ktp-el dan KIA. syaratnya Desa mengajukan permohonan kerjasama pemanfataan data ke Dinas dukcapil, nantinya permohonan adminduk, akan dilayani melalui E-mail Desa, masing-masing" ujarnya.

Sementara itu, Perwakilan FORSID Langgudu Bima, Kamaruddin,S.Pd bersama pengurus FORSID Bima NTB, Ibrahim,S.E, mengungkapkan bahwa dalam rangka mendorong dan memastikan peningkatan dan Penguatan keterampilan operator Desa, bahwa ouput kegiatan ini jelas agar operator cakap dalam hal mengelola dan mengembangkan mutu pelayanan Administrasi Desa berbasis Sistem Informasi Desa. 

Ia menjelaskan hal tersebut tentu saja dasarnya jelas sesuai arahan amanat Perbup No.17 Tahun 2021 tentang Pedoman Pengembangan Sistem Informasi Desa di Kabupaten Bima. 

"Tujuannya jelas yakni mewujudkan Sistem Informasi Bima Bisa atau siBISA menuju NTB satu DATA. Dan untuk mewujudkannya, harus dimulai ditingkat Desa, dengan cara meningkatkan Pemahaman serta Keterampilan para Operator SID. Tanpa SDM yang cakap dan terampil, ya, mustahil terwujud, karena ini bicara IT, jadi harus didukung oleh standar kompetensi yang terus diasah dan dilatih, sehingga paham bagaimana tata cara menjalankan aplikasi dalam proses pengintegrasian data, baik secara online maupun offline" ucap Ibrahim,S.E selaku Ketua ForSID Kabupaten Bima.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari, dimana pada hari Pertama, Senin (30 Agustus 2021), Materinya adalah Layanan Cedok Gadis Desa (Cetak Dokumen Kependudukan Gratis di Desa) yang diisi oleh Narasumber, Puspa Neng Ningrat,S.E (Kabid Pemanfataan Data & Inovasi Disdukcapil Kab.Bima.

Selanjutnya, Materi Praktek install, update aplikasi SID versi 21.08 online/offline yang pandu langsung oleh Tutor/Fasilitator dari 
ForSID Bima yakni Ibrahim,S.E dan ForSID Langgudu, Kamarruddin,S.Pd

Sedangkan di hari kedua Selasa, 31 Agust 2021, Materinya adalah Teknik input, entry database, Teknik pemutahiran data, Pembuatan Email Desa dan Tata Cara Pengelolaan Website Desa yang dilanjutkan dengan Penyusunan RKTL atau Rencana Kerja tindak lanjut.

Selain, Narasumber dari Dinas Disdukcapil, Pelatihan yang turut dihadiri oleh Kepala-Kepala Desa, Sekdes, KasiPem, Operator Desa, Pendamping Desa ini juga didukung oleh Dinas PMD Kabupaten Bima dan Diskominfotik Kabupaten Bima
(red/SID).

Redaktor/Editor : Kamaruddin,S.Pd

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image