You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Rupe
Desa Rupe

Kec. Langgudu, Kab. Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat

Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Desa Rupe Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat Website ini mengunakan Aplikasi OpenSID, dirancang dan dikelola supaya terbuka bagi masyarakat dan pemangku kebijakan #SahabatDesa, disini anda bisa mengakses informasi tentang Penyelenggaraan Kepemerintahan, Pembangunan Kawasan Pedesaan, Pemberdayaan dan Pembinaan Kemasyarakatan Untuk Informasi Pengajuan Publik, silahkan klik menu e-PPID atau Layanan Mandiri. Informasi lebih lanjut Hubungi Operator Desa Jam Pelayanan Senin s.d Jum'at Pukul 08.00 - 15.30 wita. Alamat Kantor, Jl. Lintas Provinsi Tente – Karumbu. Hari Libur : TUTUP Informasi lainnya, dapat juga diakses melalui Halaman Facebook Pemerintah Desa Rupe. Terus Update dan ikuti Perkembangan informasinya. Terimakasih, Salam Berdesa!!!

Pacu Peningkatan PADes,  BUMDes Rupe Bakal Dilombakan Tahun 2020

Administrator 03 April 2020 Dibaca 816 Kali
Pacu Peningkatan PADes,  BUMDes Rupe Bakal Dilombakan Tahun 2020

Bima, Rupe.id- Dalam rangka menghadapi Lomba Bumdes Tingkat Kabupaten Bima Tahun 2020,  Pemdes Rupe Gelar Rapat Bersama,  Rabu (01/04/20)


Bertempat di ruang rapat Kantor Desa,  Hadir dalam rapat ini diantaranya Kepala Desa Rupe beserta Perangkatnya, Ketua BPD Beserta Anggotanya, Badan Pengawas Bumdes serta Pengurus Bumdes.

Dalam sambutannya Kepala Desa Rupe,  Adam menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pengurus Bumdes Masa Bakti 2019-2021, yang kembali merintis dan menghidupkan kembali semangat berbumdes.

Menurutnya,  adanya Lomba BUMDes ini,  tentu saja menjadi spirit Bagi Desa dalam Meningkatkan semangat berkarya, berinovasi sesuai permintaan era Teknologi,  konsep dan inovasi.

"BUMDES atau Badan Usaha Milik Desa harus terus dipacu agar memiliki kinerja yang baik. Hal ini agar BUMDes benar-benar berdaya dan menjadi salah satu sumber pendapatan bagi desa dan penggerak perekonomian masyarakat"ungkapnya.

Dengan adanya lomba BUMDes ini, kami berharap para Pengurus Bumdes bisa lebih semangat dan bisa lebih meningkatkan kreativitas dalam hal mengelola dan mengembangkan bumdes, terutama dalam hal menganalisa potensi Desa dan peluang pasar” tutur Kades.

Kades juga berharap,  melalui pengembangan unit-unit usaha yang dimiliki Bumdes dapat mendongkrak peningkatan pendapatan asli desa dari sektor BUMDes, setiap tahunnya.

Mini Market BUMDes Desa Rupe, dinilai cukup inovatif


Sementara itu,  dihadapan para peserta Rapat , Direktur Bumdes Rupe Jirman,S.Pd yang didampingi oleh seluruh anggota dan Kepala Unitnya mengungkapkan, bahwa pihaknya menyadari bahwa Bumdes Rupe merupakan Bumdes Pemula, dan baru beroperasi beberapa bulan sehingga masih banyak hal yang perlu dipelajari.

Dikatakan pula,  bahwa pihaknya optimistis akan terus belajar dan memacu kinerja dalam mengikuti jejak bumdes-bumdes di kabupaten Bima yang telah sukses & maju.

"Insyaallah,  berdasarkan instrumen dan beberapa indikator dari pihak tim Penilai Bumdes Tingkat Kabupaten Bima tahun 2020, kami telah siap dan secara administratif sudah terpenuhi" ungkapnya

Lebih lanjut,  diterangkan bahwa sebagai bentuk transparansi serta untuk membangun dan menjaga Kepercayaan Publik terhadap Pengurus,  Direktur Bumdes akan memberikan laporan mini secara berkala Kepada pemerintah Desa dan Badan Pengawas yakni per triwulan atau 4 kali setahun sebagai bahan laporan dan evaluasi kinerja.

Hal ini dimaksudkan,  agar semua pihak dapat berpartisipasi dalam hal pengelolaan dan perkembangan bumdes.

Meski belum lama berdiri dan beroperasi, Bumdes Rupe telah direkomendasikan oleh Pemerintah Kecamatan untuk diikutkan pada lomba BUMDes tahun ini,  sebab secara standarisasi telah memiliki Kantor Pusat Pelayanan.

Diakhir Pertemuan,  kades berpesan agar semua pihak tetap waspada dalam mencegah dan mengantisipasi Penyebaran Wabah Virus Corona.

"Karena saat ini kita sedang menghadapi penyebaran Wabah Virus Corona secara nasional,  sehingga jadwal lomba Bumdes Kabupaten di undur sampai waktu yang belum bisa ditentukan. Untuk itu,  mari kita persiapan diri secara matang,  terutama sekali jaga kesehatan kita dalam menghadapi penyebaran wabah virus Corona" Tutup Kades (red/SID)


Redaktor/Editor : Kamaruddin, S.Pd 


SINERGITAS

 

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image