Hadir dalam rapat ini diantaranya Kepala Desa Rupe; Drs.Mukhtar beserta perangkatnya, Ketua BPD; M. Zar'an,.HS beserta Anggotanya, Bhabinkamtibmas Desa; Bripka Abdul Syukur,  Babinsa; Serka Juwaidin, Ketua RT/RW, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Lintas Profesi dan Pengurus Bumdes lama.

Dalam Pengantarnya Drs. Mukhtar H. Idris menyampaikan apresiasi yang setinggi- tingginya kepada pengurus BUMDes yang lama, atas kinerja dan upayanya Dalam menunjang pertumbuhan ekonomi masyarakat.

”BUMDes ini sudah dirintis sejak tahun 2007, maka dari itu banyak hal sudah dicapai serta dibenahi. Mengingat saat ini BUMDes merupakan termasuk dalam 4 Pilar Program prioritas Kemendes Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Adapun ke-empat program prioritas tersebut yakni penerapkan Program Unggulan Kawasan Pedesaan (Prukades), Pembangunan Embung, Pembangunan Sarana Olahraga dan Pembentukan BUMDes” tutur Kades Rupe.

Foto : Rapat Peremajaan Pengurus Bumdes Tahun 2017. Sumber (Doc. SID-Rupe)


Kades menambahkan bahwa BUMDes adalah pilar ekonomi masyarakat, saat ini Pemerintah Pusat akan memberikan dana awal sekitar 200jt melalui Kementerian Desa. 

"Jadi,  harus dimanfaatkan dan dikelola dengan baik, maka dari itu adanya pembentukan atau peremajaan pengurus baru tentu bertujuan untuk meningkatkan kinerja pengurus dalam pengelolaan Dana BUMDes dengan baik dan tepat sasaran. Kami juga saat ini sudah menyiapkan anggaran sekitar 70jt TA. 2017 untuk pengadaan gedung BUMDes, sehingga kami berharap kedepan Pengelolaan BUMDes lebih baik, dan perekonomian masyarakat dapat meningkat” Tegas Drs.Mukhtar H.Idris selaku Kades Rupe.

Foto : Peserta Rapat / SIDFoto : Peserta Rapat pembentukan Pengurus Bumdes tahun 2017. Sumber (Doc. SID)

Dari Hasil rapat ini akhirnya menunjuk dan menetapkan pelaksana Operasional Bumdes yakni Hasdun Azis, S.Pd sebagai Ketua Umum (Direktur BUMDes), Sudirman Muhamad, S.Pd sebagai Sekretaris I, Arifman, S. Pd; (Sekretaris II), Ismail Arsyad, S.Pd.I sebagai Bendehara I, Kamaruddin,S.Pd (Bendehara II). Mariani Abakar sebagai Koord. Unit Usaha Koperasi; Hafifah sebagai Koord. Unit Usaha Pasar Desa; Mardiana sebagai Koord. Unit Usaha Komoditi; dan Ma’ani sebagai Koord. Unit Usaha Sembako.

Selain itu sebagai Badan Pengawas BUMDes ditunjuk bapak Syafrudin M. Yasin, S.Pd.SD sebagai ketua, Ibrahim Puasa, S.Pd sebagai Sekretaris dan anggotanya Burhan Idris,S.Pd.I, Aulia, S.Sos dan M. Zar’ah,.HS. Pemilihan ini dilakukan secara demokratis oleh seluruh peserta Undangan.(red/SID)


Redaktor/Editor : Kamaruddin, S.Pd


Stuktur Organisasi BUMDes Periode 2017-2021


SINERGITAS


KEMBALI MENU UTAMA