Bima, Rupe.id– Pemerintah Desa Rupe Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima Melalui Dana Desa Tahap II (40%) Tahun Anggaran 2019, mulai melaksanakan Sejumlah Program Fisik Pada Bidang Pembangunan (Minggu, 25/08/’19)


M.Tohar selaku Kasi Pembangunan menyebutkan pelaksanaan sejumlah Program Fisik pada Bidang Pembangunan tersebut dilaksanakan pada sub bidang Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang dengan bersumber dari dana DDS dengan total anggaran Rp. 216.837.349.50

Adapun program fisik yang mulai dikerjakan tersebut diantaranya: 1] Lanjutan Pembangunan Aula Paruga Rasa (1 Paket) dengan total anggaran Rp. 43.247.000.00 (DDS)

Foto : Lanjutan Pembangunan Paruga Rasa/SID


2] Lanjutan Pembangunan Pasar Desa Total Anggaran Rp.38.400.000 bersumber dari Dana DDA

Foto : Pembangunan Lanjutan Pasar Desa/SID


3] Pembangunan Jambanisasi Desa (1 Unit) yang terletak dibelakang kantor Desa Rp. 16.364.575.00 (DDS)

Foto : Pembangunan Jambanisasi Desa /SID


4] dan Pembuatan Plat Dekker di RT. 02 dan 03 Dusun Oi Fonu.

Foto: Pembuatan Plat Deuker di RT. 02 & RT.03/SID


Lebih lanjut, Kasi Pembangunan menjelaskan pelaksanaan Program Pembangunan fisik sebagai bentuk keterbukaan informasi kepada Warga dapat juga dilihat pada infografis APBDes Tahun Anggaran 2019 yang ditempatkan tepat di Depan Paruga Rasa Desa Rupe.

Foto : Infografis APBDes Desa Rupe Tahun Anggaran 2019/SID


Diuraikan juga Pada Sub Bidang Kawasan Permukiman dan Energi dilaksanakan dukungan Program Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dengan sasaran 15 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) yang tersebar di 4 Dusun dengan total Anggaran Rp. 148.961.020.00 dan 10 Unit Penyediaan Instalasi Listrik Bagi Masyarakat Desa (10 KPM) dengan Anggaran Rp. 34.912.950.

Sementara itu, Ikbbarahman, S.Pd selaku Sekretaris Desa yang dalam hal ini sebagai Koordinator Pelaksana menyebutkan Pelaksanaan Kegiatan pada sejumlah Program Fisik/Insfrastruktur Desa merupakan sebagai bentuk upaya meningkatkan Capaian Pemerintah Desa terhadap Indeks Desa Membangun seperti capaian Pertumbuhan Perekonomian, Penurunan Angka Kemiskinan dan Pengangguran Terbuka.

“Program prioritas dibidang Pembangunan ini merupakan sebagai bentuk upaya meningkatkan capaian Status Klasifikasi Desa melalui Indeks Desa Membangun (IDM). Tentunya, semua capaian target ini butuh Proses dan Perencanaan Pembangunan jangka panjang dan berkelanjutan” ujar Sekdes. (red/SID)


Redaktor/Editor: Kamaruddin, S.Pd

 

MARI MEMBANGUN BIMA RAMAH DAN BERKELANJUTAN

 


Baca juga : Berikut Infografis APBDes Desa Rupe Kecamatan Langgudu Tahun Anggaran 2019

 


Baca juga : Desa Rupe Recamatan Langgudu Ikuti Lokakarya Replikasi SID Yang di Gelar Bappeda Bersama Kompak Bima/

 


SINERGITAS

 


KEMBALI MENU UTAMA