You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Rupe
Desa Rupe

Kec. Langgudu, Kab. Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat

Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Desa Rupe Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat Website ini mengunakan Aplikasi OpenSID, dirancang dan dikelola supaya terbuka bagi masyarakat dan pemangku kebijakan #SahabatDesa, disini anda bisa mengakses informasi tentang Penyelenggaraan Kepemerintahan, Pembangunan Kawasan Pedesaan, Pemberdayaan dan Pembinaan Kemasyarakatan Untuk Informasi Pengajuan Publik, silahkan klik menu e-PPID atau Layanan Mandiri. Informasi lebih lanjut Hubungi Operator Desa Jam Pelayanan Senin s.d Jum'at Pukul 08.00 - 15.30 wita. Alamat Kantor, Jl. Lintas Provinsi Tente – Karumbu. Hari Libur : TUTUP Informasi lainnya, dapat juga diakses melalui Halaman Facebook Pemerintah Desa Rupe. Terus Update dan ikuti Perkembangan informasinya. Terimakasih, Salam Berdesa!!!

Potret Tradisi Bermaaf-maafan di Hari Raya Idul Adha di Desa Rupe Kecamatan Langgudu

Administrator 11 November 2019 Dibaca 788 Kali
Potret Tradisi Bermaaf-maafan di Hari Raya Idul Adha di Desa Rupe Kecamatan Langgudu

Bima,Rupe.Id– Seluruh umat muslim di seluruh dunia, Hari ini merayakan Hari Raya Idul Adha. Sejak pagi hari, masyarakat di Desa Rupe Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima melaksanakan sholat Idul Adha 1440 Hijriah/2019 Masehi yang dipusatkan di Masjid Besar Al-Ihsan Desa Rupe (Minggu, 11/08/’19)


Idul Adha merupakan hari raya Islam yang diperingati setiap tanggal 10 bulan dzulhijjah, yang merupakan bulan terakhir tahun Hijriah dalam penanggalan Islam.

Hari raya Idul Adha juga merupakan Momen yang di nanti-nanti oleh masyarakat Desa Rupe termasuk para perantau menempuh semacam “ritual” untuk menemui keluarga di kampung halaman.

Mudik pun menjadi tampak istimewa karena ia adalah momen usaha menautkan hubungan kembali dengan orang tua dan sanak kerabat.

Telah menjadi tradisi bagi masyarakat Desa Rupe bahwa silaturahmi, baik hari raya Idul Fitri maupun hari raya Idul Adha adalah bentuk tradisi saat hari raya, sesuai ajaran agama Islam.


Moment indah nan bahagia ini akan terlihat ketika setiap warga saling berkunjung, bersalaman dan bermaaf-maafan dan berbincang setelah sekian lama tak bertemu, terutama warga yang merantau dan kembali bertemu dengan sanak kerabat.

Selain itu, Moment utama dalam perayaan Idul Adha adalah makan besar dimana seluruh masyarakat dapat ikut serta berpartisipasi. Menu makanan yang disajikan adalah daging kambing sebagai simbol dari peristiwa pengorbanan Nabi Ibrahim kepada Allah SWT yang memerintahkannya untuk menyembelih anaknya Ismail dan menggantinya dengan seekor kambing.

Di hari raya Idul Adha juga dianjurkan bagi seorang Muslim yang mampu membeli sapi atau kambing untuk menyumbangkan korban berupa kambing atau sapi.

Kurban daging sapi atau kambing ini kemudian dibagi ke dalam tiga porsi. Porsi pertama dibagikan kepada anggota keluarga yang memiliki hewan kurban. Porsi kedua, diberikan kepada kerabat atau sanak keluarga, dan porsi ketiga dibagikan kepada keluarga-keluarga yang tidak mampu membeli hewan kurban. (red/SID)


Redaktor/Editor : Kamaruddin, S.Pd

SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1440 HIJRIYAH


Baca juga : Hari Pertama Pendaftaran Bakal Calon Kepala Desa Rupe Masih Sepi Pendaftar


Baca Juga : Panitia Pilkades Desa Rupe Laksanakan Tahapan Pendaftaran Pemilih Sementara


Baca juga : Tingkatkan-pelayanan-pemerintah-desa-rupe-laksanakan-pemeliharaan-gedung-paruga-rasa-sebagai-balai-pusat-kegiatan-kemasyarakatan/


Baca juga : Desa Rupe Kecamatan Langgudu ikuti Bimtek Peningkatan Kapasitas PPID Desa yang di Gelar Komisi Informasi Pemprov NTB


Baca juga : Layanan e-PPID Desa Rupe


“MARI KITA SUKSESKAN PILKADES DESA RUPE KECAMATAN LANGGUDU TAHUN 2019”


SINERGITAS

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image