You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Rupe
Desa Rupe

Kec. Langgudu, Kab. Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat

Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Desa Rupe Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat Website ini mengunakan Aplikasi OpenSID, dirancang dan dikelola supaya terbuka bagi masyarakat dan pemangku kebijakan #SahabatDesa, disini anda bisa mengakses informasi tentang Penyelenggaraan Kepemerintahan, Pembangunan Kawasan Pedesaan, Pemberdayaan dan Pembinaan Kemasyarakatan Untuk Informasi Pengajuan Publik, silahkan klik menu e-PPID atau Layanan Mandiri. Informasi lebih lanjut Hubungi Operator Desa Jam Pelayanan Senin s.d Jum'at Pukul 08.00 - 15.30 wita. Alamat Kantor, Jl. Lintas Provinsi Tente – Karumbu. Hari Libur : TUTUP Informasi lainnya, dapat juga diakses melalui Halaman Facebook Pemerintah Desa Rupe. Terus Update dan ikuti Perkembangan informasinya. Terimakasih, Salam Berdesa!!!

Top!!! Wujudkan Desa Bersih Ditengah Wabah Covid-19, Kades Rupe Gunakan Truk Pribadi

Administrator 05 Juni 2020 Dibaca 612 Kali
Top!!! Wujudkan Desa Bersih Ditengah Wabah Covid-19, Kades Rupe Gunakan Truk Pribadi

Bima, Rupe.id - Hal ini disampaikan oleh Kepala Desa Rupe, Adam setelah melihat dan monitoring Permasalahan Sampah di Desanya ditengah penyebaran wabah Pandemi Covid-19, Jumat (05/06/20)


Kades menyampaikan masalah Sampah menjadi perhatian khusus untuk segera diatasi. Hal tersebut juga sesuai janji Politiknya Pasca mengikuti Kontestasi Pilkades periode 2020-2026 melalui Program Visi Misinya yakni "Terciptanya Desa Rupe yang MAJU (Mandiri, Aman,Sejahtera dan Religius),  Misi ke-5 Mewujudkan masyarakat Desa yang Sehat dan bersih.

Kades Rupe, 5 Bulan Menjabat Langsung Realisasikan Visi-Misinya di Bidang Pembangunan


“Kalau saat ini Alokasi Dana Desa Untuk Pengadaan Mobil sampah belum ada, Sesuai Janji saya,  Truk saya sementara digunakan agar sampah-sampah ini terus menerus bisa dipindahkan ke TPA” kata kades.

Lebih Lanjut, Kades memaparkan bahwa produksi  Sampah Rumah Tangga terus Meningkat. Hal ini terjadi, Semenjak pandemi Covid-19  volume sampah rumah tangga di Desanya terus mengalami peningkatan hingga 10 ton sehari.

Ia mengatakan peningkatan sampah tersebut disebabkan banyaknya masyarakat yang lebih banyak beraktifitas di rumah saja pada masa pembatasan aktivitas guna memutus mata rantai Covid-19. Jika Sebelum pandemi Covid-19 setiap hari sampah rumah tangga yang dihasilkan sekitar 5 sampai 7 ton sehari. Saat ini ada peningkatan sampah rumah tangga yakni 8 sampai 10 ton per hari.

“Pemerintah Desa memang membutuhkan kurang lebih 2 unit  truk pengangkut sampah. Hal ini agar mendukung upaya Pemerintah untuk Pola Hidup Bersih dan sehat ditengah penyebaran wabah pandemi Virus Corona” Ucap  Kades, Jum’at (05/06, 07.30 Wita) saat berada dilapangan dan meninjau aktifitas Petugas pengangkut  sampah.

Kemudian tidak kalah penting, Kades menyebutkan Pihaknya Bersama BPD sedang menyiapkan Perdes tentang pengelolaan sampah. Sehingga harus diikuti benar-benar oleh masyarakat. Di dalam Perdes nantinya akan dibahas berapa retribusi jasa pengangkutan sampah serta sanksi bagi warga yang melanggar dan membuang sampah sembarangan.

 “Terkait perdes sedang kami bahas Bersama BPD, agar penangganan dan pengelolaan sampah terarah” Papar kades lebih lanjut.

Kades juga menyayangkan masih banyak warga  yang membuang sampah tidak pada tempatnya, padahal sudah disiapkan tempat pembuangan sampah sementara.

“Sudah ada TPS dan masyarakat harus membuang sampah ke TPS atau bak sampah yang ada, bukan dibuang sembarangan hingga menumpuk,” sesalnya.

Ia mengingatkan justru di tengah pandemi Covid-19 saat ini masyarakat harus lebih mengutamakan pola hidup bersih dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Untuk itu, Kades mengimbau masyarakat agar lebih sadar membuang sampah pada tempatnya, dikumpulkan dan dimasukan kedalam karung  untuk diangkut dan dipindahkan ke-TPA  sesuai hari/ jam yang sudah ditentukan oleh Pemerintah Desa mulai pukul 07.30 – 10.30 Wita setiap Hari Jum’at. (red/SID)


Redaktor/Editor : Kamaruddin, S.Pd

BERSATU, CEGAH PENYEBARAN COVID-19

Kepala Desa Rupe; Himbau Cegah Penyebaran Wabah Virus Corona (Covid-19)


Pemdes Rupe Salurkan BLT-DD Tahap I Kepada 166 Keluarga Penerima Manfaat


Berita Populer : Kades Rupe, 5 Bulan Menjabat Langsung Realisasikan Visi-Misinya di Bidang Pembangunan


SINERGITAS

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image