You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Rupe
Desa Rupe

Kec. Langgudu, Kab. Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat

Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Desa Rupe Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat Website ini mengunakan Aplikasi OpenSID, dirancang dan dikelola supaya terbuka bagi masyarakat dan pemangku kebijakan #SahabatDesa, disini anda bisa mengakses informasi tentang Penyelenggaraan Kepemerintahan, Pembangunan Kawasan Pedesaan, Pemberdayaan dan Pembinaan Kemasyarakatan Untuk Informasi Pengajuan Publik, silahkan klik menu e-PPID atau Layanan Mandiri. Informasi lebih lanjut Hubungi Operator Desa Jam Pelayanan Senin s.d Jum'at Pukul 08.00 - 15.30 wita. Alamat Kantor, Jl. Lintas Provinsi Tente – Karumbu. Hari Libur : TUTUP Informasi lainnya, dapat juga diakses melalui Halaman Facebook Pemerintah Desa Rupe. Terus Update dan ikuti Perkembangan informasinya. Terimakasih, Salam Berdesa!!!

Pentingnya Manfaat Pohon, Mahasiswa Formal Bima Mataram  Gelar Seminar dan Aksi Penanaman 1000 Pohon

Administrator 01 Februari 2020 Dibaca 587 Kali
Pentingnya Manfaat Pohon, Mahasiswa Formal Bima Mataram  Gelar Seminar dan Aksi Penanaman 1000 Pohon

Bima, Rupe.id- Forum Mahasiswa Langgudu (Formal)  Bima-Mataram menggelar kegiatan Seminar dirangkai dengan aksi penanaman 1000 pohon, Sabtu (01/02/20)


 

Bertempat di Aula Desa Rupe, kegiatan yang bertemakan : “Satu pohon memiliki sejuta manfaat” ini dibuka secara resmi oleh Camat Langgudu, Rijal Mukhlis, SE.

Hadir Pula Sekcam Langgudu, Syamsudin,S.Sos, Kasi Pemerintahan Kecamatan Marwin,S.Pd, Kasitrantib Kecamatan, Syahruddin,S.Sos, Kepala Desa beserta Perangkatnya, Ketua BPD beserta anggotanya, Kepala Resort Sektor KPH Langgudu, Pengurus Formal Bima-Mataram, Guru-Guru Pembina, Senioritas Formal, Karang Taruna, Siswa/Siswi SMA/SMK se-Kecamatan Langgudu dan segenap panitia pelaksana. 

Dalam laporannya ketua panitia, Akramin memaparkan bahwa saat ini telah terjadi kerusakan lingkungan yang cukup memprihatikan, dan hal ini dapat dijumpai di wilayah Kecamatan Langgudu.  

Lebih lanjut, Ketua Umum Formal, Sahrul Ramadhan menyebutkan melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat mengedukasi kesadaran masyarakat khususnya di Kecamatan Langgudu akan bahaya dan potensi kerusakan lingkungan.

Foto : Pentingnya Manfaat Pohon, Mahasiswa Formal Bima Mataram  Gelar Seminar dan Aksi Penanaman 1000 Pohon/red

Top!!! Aktifitas Perdana, Usai dilantik Adam Malik Kepala Desa Rupe Langsung Penuhi Panggilan Pemuda LH Menanam Pohon


“kita dapat menyaksikan bagaimana bencana yang melanda kita, akhir-akhir ini. Krisis Air, pemanasan Global, Erosi, tanah Longsor dan sederet masalah lingkungan lainnya. Ini terjadi karena pohon habis di babat dan hutan digunduli”ungkapnya.

Maka dari itu, melalui kegiatan ini, besar harapan kami dapat membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya manfaat pohon bagi kehidupan kita” tambahnya.

Sementara itu, Camat Langgudu, Rijal Mukhlis, SE menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada Panitia Pelaksana dan Pengurus Forum Mahasiswa Langgudu Bima-Mataram yang  telah menyelenggarakan kegiatan tersebut.

Baginya kegiatan tersebut merupakan langkah positif untuk menyadarkan masyarakat secara kolektif terhadap pentingnya manfaat pohon serta upaya untuk meminimalisir kerusakan lingkungan.

“ini Sebuah kegiatan yang luar biasa. Dan mudah-mudahan melalui kegiatan ini kita dapat membangun kesadaran masyarakat secara kolektif akan pentingnya manfaat pohon bagi kehidupan”. 

Hadir pula pada acara itu Muhamad Efendi, S.Hut Kepala Resort Sektor KPH Langgudu, selaku pemateri dan menjelaskan bahwa Penanaman pohon memberikan efek positif bagi manusia karena disamping fungsinya sebagai penahan air saat musim hujan datang juga langkah awal menjaga keseimbangan alam semesta ini dari kepunahan dan perubahan iklim global,” ujarnya.

Pada kesempatan itu pula, kepala Desa Rupe, Adam Malik mengatakan pihaknya sangat mendukung Kegiatan tersebut, sehingga mengupayakan Prioritas Alokasi Dana Desa dalam hal masalah Pengembalian Fungsi Lahan Kritis yakni pada asset Desa seperti Doro Umbu dan Doro Ngio untuk dilaksanakan Penghijauan kembali. Sehingga dapat berfungsi kembali menjadi paru-paru desa.

“Dan kami selaku Pemerintah Desa, sangat berterimakasih kepada adik-adik mahasiswa yang telah melaksanakan kegiatan Bakti Sosial ini di Desa Rupe. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kita semua, terutama memberikan edukasi dan kesadaran kepada masyakat kita akan pentingnya manfaat pohon bagi kita semua”tutur Kades.

Kegiatan yang dirangkai dengan Aksi penanaman 1000 pohon ini, secara simbolik dilaksanakan penanaman oleh Camat Langgudu didampingi kepala Desa Rupe.

Adapun sasaran penamanan ini dilaksanakan di Sepanjang titik Jalan Lintas Propinsi dimulai dengan jatah bibit 200 pohon di Desa Rupe, 200 bibit pohon di Desa Karumbu, 200 bibit pohon di Desa Sambane dan sisanya diberikan kepada siswa/siswi SMA/SMK untuk ditanam sebagai gerakan penghijauan. (red/SID)


Redaktor/Editor: Kamaruddin,S.Pd


BERSAMA MEMBANGUN BIMA RAMAH BERKELANJUTAN



Terkini : Pemdes Rupe Gelar Sertijab Kepala Desa Periode 2020-2026, Masyarakat diminta sama-sama Membangun Desa


“Mari Beramal Jariyah, Harta Berkah Sedekah Jariyah. Pahala Ngalir Hingga Yaumul Qiyamah”


SINERGITAS

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image