You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Rupe
Desa Rupe

Kec. Langgudu, Kab. Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat

Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Desa Rupe Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat Website ini mengunakan Aplikasi OpenSID, dirancang dan dikelola supaya terbuka bagi masyarakat dan pemangku kebijakan #SahabatDesa, disini anda bisa mengakses informasi tentang Penyelenggaraan Kepemerintahan, Pembangunan Kawasan Pedesaan, Pemberdayaan dan Pembinaan Kemasyarakatan Untuk Informasi Pengajuan Publik, silahkan klik menu e-PPID atau Layanan Mandiri. Informasi lebih lanjut Hubungi Operator Desa Jam Pelayanan Senin s.d Jum'at Pukul 08.00 - 15.30 wita. Alamat Kantor, Jl. Lintas Provinsi Tente – Karumbu. Hari Libur : TUTUP Informasi lainnya, dapat juga diakses melalui Halaman Facebook Pemerintah Desa Rupe. Terus Update dan ikuti Perkembangan informasinya. Terimakasih, Salam Berdesa!!!

Rakor Pemutahiran DTKS Tahun 2020 Di Langgudu, Dinsos Kabupaten Bima Libatkan Operator SID 2

Administrator 25 Desember 2020 Dibaca 481 Kali
Rakor Pemutahiran DTKS Tahun 2020 Di Langgudu, Dinsos Kabupaten Bima Libatkan Operator SID 2

Bima, Rupe.web.id- Dinas Sosial Kabupaten Bima menggelar Rapat Koordinasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Tingkat Kecamatan yang turut melibatkan Seluruh Operator SID se-Kecamatan Langgudu, Kamis (23/7/2020)

 


Bertempat di Aula Mufakat Kantor Camat Langgudu, Rakor yang dibuka secara Resmi oleh Kadis Dinsos Drs.Sirajuddin,MM, dihadiri oleh Camat Langgudu, Rijal Mukhlis,SE, Kapolsek Langgudu, Iptu Budiharjo, KUPT Lintas Sektor, Kepala Desa serta melibatkan seluruh Operator SID se-Kecamatan Langgudu

Dalam Pengantarnya Camat Langgudu, Rijal Mukhlis,SE menyebutkan bahwa Rakor tersebut digelar dalam rangka membangun pemahaman terhadap pelaksanaan verifikasi dan validasi DTKS tahun 2020 ditingkat Desa.

"Tujuannya adalah untuk percepatan Pemutahiran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) tahun 2020" Ucap Camat Langgudu.

Dalam kesempatan yang sama, Deni Kusumayadi,S.Psi selaku Kasi FM Dinsos Kabupaten Bima sekaligus sebagai Tutor Pelatihan menjelaskan bahwa dalam rakor ini Pusat Data dan Informasi Kesejahteraan Sosial (Pusdatin Kesos) Akan dilaksanakan Pelatihan aplikasi data berbasis SIKS-NG atau Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation Kepada Para Operator Desa.

Foto : Rakor DTKS Tahun 2020 di Kecamatan Langgudu/SID


Baca Juga : Wagub : Ujung Tombak DTKS ada di Desa, Kunci Tuntaskan Kemiskinan

“Hari ini, kami akan mendistribusikan DTKS melalui Aplikasi SIKS-NG yang merupakan aplikasi yang bisa digunakan Oleh Para Operator untuk melakukan Pemutahiran DTKS” ucap Deni Kusumayadi,S.Psi.

Deni Kusumayadi,S.Psi  menambahkan melalui Aplikasi SIKS-NG nantinya diharapkan DTKS dimutahirkan melalui veri-vali Data DTKS, kemudian dijadikan sebagai Bahan Musdes antara  Pemerintah Desa Bersama BPD sebagai perbaikan Data DTKS.

Sementara itu, Kadis Sosial Drs.Sirajuddin,MM menjelaskan bahwa total DTKS di Kecamatan Langgudu sebanyak 5.194 KK, dimana di Desa Doro O'o sebanyak 394 KK, Dumu 425 KK, Kalodu 175 KK, Kangga 301 KK, Karampi 510 KK, Karumbu 664 KK, Kawuwu 205 KK, Laju 571 KK, Pusu 133 KK, Rompo 306 KK, Rupe 514 KK, Sambane 157 KK, Waduruka 323 KK dan Waworada 403 KK" sebut Kadis.

Kadis menekankan pentingnya menyamakan persepsi antara Pemerintah Daerah dengan peran serta Pemerintah di Tingkat Kecamatan dan Desa.

“Intinya, rakor ini ingin diperkuat semangat dan kesamaan dengan pemerintah daerah. Agar dalam penyelenggaraan program baik itu bansos, program pemberdayaan sosial, rehabilitasi sosial, supaya lebih tepat sasaran,” ujar Drs.Sirajuddin,MM selaku Kadis Sosial Kamis Pagi, (23/7) di Aula Kantor Mufakat Camat Langgudu

Dengan aplikasi ini, Kadis menjelaskan diharapkan kualitas data yang dikelola dalam DTKS semakin  baik validitasnya, termasuk perbaikan data, sehingga penyaluran bantuan juga semakin tepat sasaran,” tutur Drs.Sirajuddin,MM.

Rakor yang dimulai pukul 10.30wita, yang dilanjutkan Pelatihan Operator SID tentang Penggunaan Aplikasi SIKS-NG hingga 14.30wita tersebut diikuti 30 peserta terdiri dari Kepala Desa dan Operator SID  di 15 Desa  Se-Kecamatan Langgudu.

Kadis meminta, agar pemutahiran DTKS paling Lambat Tanggal 2 Agustus 2020 oleh seluruh Desa telah rampung, termasuk desa-desa di Kecamatan Langgudu" Pungkas Kadis. (red/SID)


Redaktor/Editor : Kamaruddin, S.Pd

 

 

Wagub : Ujung Tombak DTKS ada di Desa, Kunci Tuntaskan Kemiskinan


“Mari Beramal Jariyah, Harta Berkah Sedekah Jariyah. Pahala Ngalir Hingga Yaumul Qiyamah”


Kepala Desa Rupe; Himbau Cegah Penyebaran Wabah Virus Corona (Covid-19)


SINERGITAS
Copyright © Jejak Digital Anak Desa Rupe, Langgudu, Bima, NTB Republik Indonesia
Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image