You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Rupe
Desa Rupe

Kec. Langgudu, Kab. Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat

Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Desa Rupe Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat Website ini mengunakan Aplikasi OpenSID, dirancang dan dikelola supaya terbuka bagi masyarakat dan pemangku kebijakan #SahabatDesa, disini anda bisa mengakses informasi tentang Penyelenggaraan Kepemerintahan, Pembangunan Kawasan Pedesaan, Pemberdayaan dan Pembinaan Kemasyarakatan Untuk Informasi Pengajuan Publik, silahkan klik menu e-PPID atau Layanan Mandiri. Informasi lebih lanjut Hubungi Operator Desa Jam Pelayanan Senin s.d Jum'at Pukul 08.00 - 15.30 wita. Alamat Kantor, Jl. Lintas Provinsi Tente – Karumbu. Hari Libur : TUTUP Informasi lainnya, dapat juga diakses melalui Halaman Facebook Pemerintah Desa Rupe. Terus Update dan ikuti Perkembangan informasinya. Terimakasih, Salam Berdesa!!!

Pengurus BUMDES Desa Rupe Periode 2019-2021, Mulai Rancang Program Kerja Menuju Desa Wirausaha

Administrator 07 Januari 2020 Dibaca 1.809 Kali
Pengurus BUMDES Desa Rupe Periode 2019-2021, Mulai Rancang Program Kerja Menuju Desa Wirausaha
Bima, Rupe.id- Pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Rupe Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima Masa Bhakti 2019-2021 laksanakan rapat pengurus dan mulai merancang dan menyusun program kerja menuju Desa Wirausaha, Selasa (07/01/20)


Bertempat di Aula Paruga Rasa, dalam pembukaannya Jirman, S.Pd selaku sekretaris BUMDES menyebutkan bahwa agenda rapat pengurus tersebut, meliputi penyusunan program kerja baik jangka menengah maupun jangka panjang serta analisa potensi dan peluang usaha BUMDES. 

Hal itu dilaksanakan, guna mempermudah pemetaan sasaran usaha kegiatan BUMDES. Disebutkan pula bahwa berdasarkan hasil kesempatan bersama elemen masyarakat, Badan Pengawas, BPD dan Pemerintah Desa, ada 4 Unit usaha yang akan dikembangkan yakni Unit Usaha Pasar Desa, Simpan-Pinjam, Pemberdayaan Ekonomi Kreatif dan Komoditi Pertanian.

Sementara itu, Kamaruddin, S.Pd menambahkan bahwa BUMDES Desa Rupe mulai diremajakan sejak tangga 15 Oktober 2017. Namun, mengalami kefakuman kepengurusan sehingga kembali dilaksanakan Resshuflle kepengurusan pertanggal 31 Oktober 2019. 

Menurutnya, Pengurus BUMDES yang telah di Rushuffle Periode 2019-2021 harus benar-benar bekerja dan peduli atas amanah sebagai Pengurus, sehingga harapannya bersama BUMDES mampu mengantarkan Desa menuju Desa Wirausaha

Foto : Lokasi BUMDes "RUPE" untuk dikembangkan yang terletak di Jalan Lintas Propinsi Tente -Karumbu Desa Rupe, Langgudu,Bima


 

Susunan Reshuflle Pengurus BUMDES 2019-2020


"Saat ini Desa menghadapi era baru, sejak adanya UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. BUMDES sebagai Pilar Perekonomian Desa serta penyangga dan roda perkenomian kehidupan Desa harus mampu mengantarkan desa yang lebih mandiri baik secara secara sosial, budaya, ekonomi, bahkan politik" ungkapnya.

Kini Desa memasuki era self governing community dimana Desa memiliki otonomi dan kewenangan dalam perencanaan, pelayanan publik, dan keuangan. Maka Desa bukan lagi penunggu instruksi dari supra desa (Kecamatan, Kabupaten, Propinsi, dan Pusat), maka kehadiran BUMDES harus mampu mengembangkan ekonomi produktif warga melalui unit usaha lokal dan sektor riil lainnya" tambahnya.

BUMDes berdiri atas dasar sukarela dan azas gotong royong mengalami pergeseran ke arah profesional dan transaksional. Hal ini sejalan dengan gerakan desa wirausaha, dimana Desa mampu mengoptimalkan seluruh potensi sumber dayanya untuk menggerakkan perekonomian dan menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat usia produktif.

"Gerakan desa wirausaha yang dapat saja diawali dengan pengembangan dan penguatan BUMDes diharapkan mampu mengurangi angka pengangangguran"lanjutnya.

Lebih lanjut, diuraikan bahwa dalam waktu dekat pihaknya mulai mempersiapkan kebutuhan dan anggaran pengembangan masing-masing unit usaha untuk disosialisasikan kepada masyarakat.

"alhamdullilah, tahun 2018 kita memiliki saldo 40 juta ditambah alokasi dari APBDes tahun anggaran 2019 sebesar Rp. 60 juta. Sehingga total modal Awal kita sebesar 100 juta untuk kita kembangkan pada ke-4 unit usaha yakni Pasar Desa, Simpan-Pinjam, Pemberdayaan Ekonomi Kreatif dan Komoditi Pertanian. Langkah Pertama yang kami lakukan setelah menyusun program kerja yakni menata kantor BUMDEs sebagai pusat pelayanan dan transaksi, Insyallah Pekan ke-2 Januari 2020, kita sudah mulai melayani permintaan dan kebutuhan Masyakarat" ucapnya.

Untuk Unit Simpan Pinjam dipaparkan bahwa, masih dalam tahap analisa atas Potensi dan Permasalahan yang dihadapi BUMDES sebelumnya, karena banyak pinjaman yang macet, dan sehingga BUMDES lama dinyatakan ditutup atau bangkrut.

"hal ini menjadi catatan evaluasi pengurus baru. Namun, bagi warga yang ingin mengajukan pinjaman atau kredit pada Unit Simpan-Pinjam nantinya akan diverifikasi terlebih dahulu kelayakannya, wajib mengisi form dengan bentuk jaminan dan perjanjian hutang-piutang yang merujuk pada aturan yang berlaku baik mengacu pada Perdes maupun AD/ART BUMDES. Adapun suku bunga yang diterapkan, hanya (1%) dari Pinjaman dengan pengembalian perbulan" Tuturnya. 

Dengan demikian bersama BUMDES diharapkan dapat membangun Desa, membangun Roda Perekonomian Desa yang Mandiri, Produktif dan maju menuju Desa wirausaha. Hal ini dapat terwujud jika tahapan demi tahapan membangun BUMDES dapat dijalankan sesuai mekanisme dan aturan yang berlaku.

Pihanya juga menyadari bahwa pengurus masih membutuhkan banyak ilmu, sebab tidak semua pengurus memiliki kompetensi dalam hal membangun dan mengembangkan BUMDES. Namun, pengurus BUMDES 2019-2021 optimis mampu mengembangkan BUMDES Desa Rupe yang lebih baik lagi kedepan, yang dimulai dengan menumbuhkan kembangkan Teamwork dan etos kerja yang baik dan Transpran, sehingga capaian atas kesejahteraan masyarakat dapat meningkat. (red/SID)


Redaktor/Editor: Kamaruddin, S.Pd


BERSAMA MEMBANGUN BIMA RAMAH BERKELANJUTAN



Top Populer : Desa Rupe Raih Penganugerahan PPID Terbaik 1 Tingkat Kabupaten Tahun 2019


“Mari Beramal Jariyah, Harta Berkah Sedekah Jariyah. Pahala Ngalir Hingga Yaumul Qiyamah”


SINERGITAS

  

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image