Bumdes Mart Merupakan salah satu inovasi dalam Membangun Desa Melalui Program Bumdes. Bumdes Desa Rupe dikategorikan Bumdes Pemula. Dengan Program Bumdes ini dapat menjadi dasar pergerakan ekonomi Desa dalam mencapai sasaran kesejahteraan masyarakat.

Oleh karena itu, Pemerintah Desa dituntut untuk berinovasi dalam mencari alternatif potensi pengembangan usaha dalam menjalankan program Bumdes tersebut.

Dengan kebijakan program inilah, Pemerintah Desa bersama Pengurus Bumdes mulai menghadirkan beberapa inovasi untuk menjalankan program Bumdes di Desa.


Mini Market BUMDes Desa Rupe, dinilai cukup inovatif


Salah satunya di Desa Rupe, Kecamatan Langgudu, Kabupaten Bima. Pemerintah Desa melalui Pengurus Bumdes masa Bhakti 2020-2025 merancang hadirnya Bumdes Mart yang juga merupakan salah satu hasil Bursa Inovasi Desa yang dilakukan di Kabupaten dari Prograam Inovasi Desa.

Bumdes Mart Desa ini, selain menyediakan kebutuhan sembilan bahan pokok, juga kebutuhan lainnya, sehingga tentu akan memberikan kemudahan bagi warga dalam mendapatkan kebutuhan sehari hari untuk keperluan keluarga.

Kamaruddin, S.Pd salah satu Pengurus Bumdes mengatakan bahwa, dengan adanya progran Bumdes, tentu menjadi salah satu program yang sangat tepat untuk mewujudkan tingkat kesejahteraan warga Desa, baik dari segi penyerapan tenaga kerja maupun peningkatan pendapatan Asli Desa, karena sistem perputaran ekonomi berfokus dalam wilayah Desa itu sendiri.

“Kita berharap dengan program Bumdes akan berdampak pada peningkatan perekonomian Desa, membuka lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui perbaikan pelayanan umum dan tentunya membantu pengecer atau kios yang ada di Desa kita, karena Bumdes juga menjadi distributor bagi pengecer.

Jirman, S.Pd selaku Direktur Bumdes juga menambahkan bahwa selain program Bumdes Mart juga terdapat Program usaha simpan-pinjam, Pemberdayaan Ekonomi Produktif kreatif warga dan unit usaha Komoditas Pertanian” Jelasnya.

Sementara itu, Pj. Kades Rupe Marwin S.Pd berharap, agar kiranya kehadiran Bumdes Mart ini dapat dikelola dengan baik dan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan warga.

Kehadiran Bumdes Mart ini juga dinilai sangat strategis dalam pengembangan usaha jangka panjang, karna selain berada di jalur provinsi dan dekat dengan Pusat Desa, juga sangat dekat dengan akses Kantor Desa, Pasar Desa dan Pendidikan (TK,SD dan SMP). (red/SID)


Redaktor/Editor: Kamaruddin,S.Pd

 


BERSAMA MEMBANGUN BIMA RAMAH BERKELANJUTAN



Top Populer : Desa Rupe Raih Penganugerahan PPID Terbaik 1 Tingkat Kabupaten Tahun 2019


“Mari Beramal Jariyah, Harta Berkah Sedekah Jariyah. Pahala Ngalir Hingga Yaumul Qiyamah”


SINERGITAS