Bima, Rupe.id- Pernahkah mendengar tentang Pantai Toronuntu? Ya Pantai Toronuntu adalah salah satu wilayah daratan dan teluk pesisir pantai yang terletak di sebelah selatan Desa Rupe Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima Nusa Tetangga Barat.


Sekilas Pantai Toronuntu memiliki panorama yang cukup menarik dan menyejukkan mata. Pantai Toronuntu sendiri oleh masyarakat setempat dimanfaatkan untuk mencari hasil laut seperti ikan, cumi-cumi dan aneka biota laut lainnya.

Foto : Pantai Toronuntu, Rupe, Langgudu, Bima/Sumber.KM-SID

Untuk menuju pantai Toronuntu dapat dicapai dengan jarak tempuh kurang lebih 10km dari Pusat Desa atau sekitar 30 Menit dengan menggunakan Kendaraan roda 2 melalui jalur sepanjang pantai teluk Waworada.

Dari Toronuntu, terdapat juga sebuah Pantai berpasir putih yang memiliki panorama bawah laut yang tak kalah menarik dari pulau Nisa Bea bernama Pantai Nadu. Untuk mencapai Pantai Nadu sendiri, hanya dibutuhkan waktu 2 jam perjalanan kaki atau berjarak sekitar 2km dari Pantai Toronuntu. Jika menggunakan jalur darat Dari Doro Pana “So Kasarokai” Desa Rupe dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan beroda 2.

Foto : Jalur dilihat dari google map

Hal tersebut dikarenakan kedua pantai tersebut berada disepanjang perairan laut teluk Waworada yang memiliki banyak beragam jenis ikan. Hal inilah yang merupakan salah satu daya tarik tersendiri bagi warga sekitar untuk memancing dan menangkap ikan. Tak heran oleh warga setempat, Pantai Toronuntu kerap kali dijadikan obyek Wisata malam kala terang bulan untuk Berburu Cumi-cumi dan Gurita hingga ke Pantai Nadu dan Pulau Nisa Bea

Foto : Nisa Bea dilihat dari google map

Sementara itu dari segi sejarah, Toronuntu merupakan salah satu icon Sejarah dalam perkembangan Peradaban Masyarakat Desa Rupe. Dinamakan Toronuntu, sebab tempo dulu oleh masyarakat setempat khususnya Gelarang Kurujanga dijadikan sebagai tempat berkumpulnya para Tetua dan Tokoh Masyarakat untuk berkumpul dan melaksanakan “Mbolo ro Dampa” (Bermusyawarah) untuk memecahkan suatu Fenomena atau gejala sosial yang terjadi dikalangan masyarakat kala itu yang jauh dari pusat Keramaian Desa.

Baca juga : Sejarah Asal Muasal Desa Rupe

Ternyata, meski asing terdengar ditelinga kita, Pantai Toronuntu menyimpan Pesona dan keunikan tersendiri yakni tidak berpasir seperti pantai pada umumnya, memiliki banyak bebatuan yang sangat baik buat terapi dan relaksi kesehatan.

Sisi unik lainnya adalah masih ditemukan Rumah Pohon yang berjejer di sepanjang pantai Hutan Magrove.

Rumah pohon ini oleh masyarakat setempat dibangun sebagai tempat berteduh selama musim Terang Bulan yakni menangkap ikan, cumi-cumi dan gurita mulai dari Toronuntu, Pantai Nadu dan Nisa Bea. (red/SID)


Penulis : Kamaruddin, S.Pd