You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Rupe
Desa Rupe

Kec. Langgudu, Kab. Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat

Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Desa Rupe Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat Website ini mengunakan Aplikasi OpenSID, dirancang dan dikelola supaya terbuka bagi masyarakat dan pemangku kebijakan #SahabatDesa, disini anda bisa mengakses informasi tentang Penyelenggaraan Kepemerintahan, Pembangunan Kawasan Pedesaan, Pemberdayaan dan Pembinaan Kemasyarakatan Untuk Informasi Pengajuan Publik, silahkan klik menu e-PPID atau Layanan Mandiri. Informasi lebih lanjut Hubungi Operator Desa Jam Pelayanan Senin s.d Jum'at Pukul 08.00 - 15.30 wita. Alamat Kantor, Jl. Lintas Provinsi Tente – Karumbu. Hari Libur : TUTUP Informasi lainnya, dapat juga diakses melalui Halaman Facebook Pemerintah Desa Rupe. Terus Update dan ikuti Perkembangan informasinya. Terimakasih, Salam Berdesa!!!

Desa Rupe Raih Penganugerahan PPID Terbaik 1 Tingkat Kabupaten Tahun 2019

Administrator 30 Desember 2019 Dibaca 621 Kali
Desa Rupe Raih Penganugerahan PPID Terbaik 1 Tingkat Kabupaten Tahun 2019
 

Bima,  Rupe.id - PPID Utama Kabupaten Bima menggelar Penganugerahan PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi)  Tingkat PPID OPD,  Kecamatan dan Desa se-kabupaten Bima tahun 2019, Senin (30/12)


Ketua PPID Utama, Fahrurahman, SE.,M.Si memaparkan bahwa sejumlah indikator yang menjadi acuan penilaian pemeringkatan dan Penganugerahan mencakup komitmen dan konsistensi Badan Publik dalam mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik.

"Komitmen tersebut dapat dilihat dalam  penyediaan desk layanan informasi publik, peningkatan kualitas SDM, dukungan anggaran bagi PPID dan kolaborasi badan publik dengan masyarakat dalam mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik secara berkelanjutan". Jelasnya.

Selain itu, Kepala Bidang Komunikasi Publik Diskominfostik Suryadin, S.S.,M.Si juga menyebutkan bahwa Pelaksanaan Pengumuman Penganugerahan PPID Terbaik Kabupaten Bima Tahun 2019, diawali dengan Tahapan Pemeringkatan dengan mengirim Angket Penilaian Mandiri (Self Assessment Quisioner) dalam bentuk softfile melalui Email Kepada PPID utama untuk selanjutnya dilakukan verifikasi dan visitasi oleh Tim Penilai Kabupaten.

Berdasarkan hasil penelusuran (tracking) dan verifikasi tim penilai, posisi 5  besar pada kategori PPID Tingkat Desa, yakni Peringkat 1 disabet PPID Desa Rupe-Langgudu, Peringkat 2 PPID Desa Teke-Palibelo, Peringkat 3 PPID Desa Risa-Woha, Peringkat 4 PPID Desa Belo dan Peringkat 5 PPID Desa Leu dari 191 Desa dan 18 Kecamatan di Kabupaten Bima.



Penganugerahan PPID Terbaik Tahun ini,  merupakan Penghargaan kedua kalinya yang diraih Pemerintah Desa Rupe Kecamatan Langgudu setelah sebelumnya tahun 2018 meraih penganugerahan serupa.  Ditahun yang sama 2019 juga meraih Penganugerahan PPID Terbaik 1 Tingkat Propinsi NTB dalam kegiatan DBiP yang digelar Komisi Informasi Pemprov NTB. Hal ini merupakan wujud komitmen dan konsistensinya dalam mengaungkan dan meningkatkan kualitas layanan informasi publik sesuai amanat UU KIP Nomor 14 tahun 2008.


Foto : Bagian  Bidang Pelayanan & Dokumentasi Informasi Desa Rupe (Kamaruddin,S.Pd) bersama Muhammad Syahdan, ST (Diskominfostik)


Bertempat di Ruang Rapat Utama Bupati Bima,  Penghargaan ini diterima secara langsung oleh Pj.Kades Rupe, Marwin H.Arsyad, S.Pd yang diserahkan Bupati Bima melalui Sekda Kabupaten Bima Drs.H.M.Taufik,HAK,.M.Si.

Mewakili Bupati Bima, Sekretaris Daerah Drs. H.M. Taufik HAK, M.Si, mengungkapkan bahwa terkait tatakelola informasi, Pemerintah daerah berpandangan bahwa  penyediaan informasi publik yang memadai oleh PPID perangkat daerah/OPD, Kecamatan dan Desa amatlah penting dan strategis.  

"Untuk itu, Hubungan antara Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama dan PPID Perangkat Daerah  harus erat". Sebab, pemenuhan kebutuhan informasi publik bagi masyarakat merupakan satu indikator transparansi penyelenggaraan kegiatan pemerintahan, pembangunan dan sosial kemasyarakatan". ungkapnya.

Dihadapan para Kepala Perangkat Daerah, Kabag Setda, Camat dan PPID Utama,  Sekda mengungkapkan, berdasarkan catatan dari Dinas Kominfostik Kabupaten Bima, hingga Desember 2019, terdapat 27 website OPD yang aktif. Namun hanya 11 OPD yang melakukan pemutakhiran konten website dan 3 OPD yang melengkapi dengan data dukung angket penilaian yang diberikan PPID Utama.

Hadir pula dalam Penganugerahan ini diantaranya,Camat dan Kepala-Kepala Desa yang didampingi oleh masing-masing Operator SIPD/SID yang membidangi Bidang Komunikasi dan Informasi Publik.

Usai memberikan sambutan, Sekda menyerahkan Plakat, piagam dan insentif kepada  PPID peraih peringkat terbaik pada tiga kategori yaitu Kategori PPID OPD, Kecamatan dan Desa.

Yakni posisi lima besar pada kategori PPID perangkat daerah, Peringkat I diraih PPID Dinas Sosial, peringkat II PPID Dinas Pariwisata dan peringkat III PPID Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Peringkat IV PPID BPBD dan Peringkat V PPID Dinas Koperasi dan UKM.

Pada kategori PPID Kecamatan,  Peringkat I diraih PPID Kecamatan Bolo, Peringkat II PPID Kecamatan Sape, peringkat III PPID kecamatan woha, Peringkat IV PPID Kecamatan Palibelo dan Peringkat V PPID Kecamatan Soromandi.

Melalui Penganugerahan ini, Pemerintah Kabupaten Bima berharap setiap Badan Publik baik tingkat OPD,  Kecamatan dan Desa terus meningkatkan Kualitas Pelayanan Informasi terhadap Publik guna mewujudkan Masyarakat yang Informatif. (red/SID)


Redaktor/Editor: Kamaruddin, S.Pd


BERSAMA MEMBANGUN BIMA RAMAH BERKELANJUTAN



Top Populer : Desa Rupe Raih Penganugerahan Terbaik 1 Pada Gebyar DBiP 2019 NTB


“Mari Beramal Jariyah, Harta Berkah Sedekah Jariyah. Pahala Ngalir Hingga Yaumul Qiyamah”


SINERGITAS

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image